Langsung ke konten utama

4 Hal Mengenai Wanita & Mabuk Cinta


1. beberapa pendapat mengenai hakikat mabuk cinta
  • sebagian ahli hikmah mengatakan. '' gila itu memiliki seni dan cinta buta adalah seninya.''
  • mereka juga mengatakan '' berapa banyak orang yang dimabuk cinta rela mengorbankan harta, kehormatan jiwa, keluarga, agama dan dunianya untuk orang yang dicintainya''
  • orang yang mabuk cinta adalah manusia paling sengsara, paling hina, paling sibuk, dan paling jauh dari Rabbnya.
  • Ibnu Qayyim berkata tentang mabuk cinta '' semua dokter mengatakan bahwa al-'isyqu merupakan penyakit was-was '' hingga dia berkata '' sebabnya adalah dua hal : mengganggap baik dan terlalu memikirkan''
2. Tanda al-'isyqu yang kufur dan syirik
     yaitu seseorang lebih mendahulukan keridhaan orang yang dicintai daripada keridhaan Rabb-Nya. apabila terdapat pertentangan antara hak orang yang dicintai dengan hak dan ketaatan Rabb-Nya, dia mendahulukan hak orang yang dicintai daripada hak Rabb-Nya. (Imam Ibnu Qayyim).

3. Sebab-sebab al-'isyqu
  • kosongnya jiwa dari dzikir dan cinta kepada Allah. jika tidak, maka orang yang hatinya dipenuhi dengan kecintaan, ketakwaan, dan dzikir kepada Allah. karena mencintai Allah merupakan pengganti terhadap segala sesuatu.
  • pengaruh media massa. sarana ini menampilkan film-film buruk tak tahu malu dan cerita-cerita cinta yang merangsang syahwat sehingga menimbulkan pengaruh yang merusak.
  • pemahaman yang menyimpang tentang cinta. sebagian orang menyangka bahwa orang yang buta, yang tidak akan sadar dari mabuknya. sungguh telah lenyap dari orang-orang seperti mereka ini cinta yang lebih agung, lebih terhormat, dan lebih bermanfaat; yaitu cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, cinta kepada orang tua, cinta kepada orang-orang miskin, cinta kebersihan, cinta kesucian diri, cinta kepada isteri dan cinta pada akhlak mulia.
  • komunikasi lewat telepone. ini termasuk sarana terbesar yang menyebabkan mabuk cinta.
  • pandangan. pada umumnya permulaan cinta terjadi ketika memandang sesuatu yang indah.
4. Terapi al-'isyqu 
  • memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah, menyandarkan diri kepada-Nya, dan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya. semoga Allah menyembuhkannya dari penyakit ini.
  • menjauhi orang yang dicintai. hendaknya orang yang dimabuk cinta sebaiknya jangan melihatnya, jangan mendengar kata-katanya, dan jangan melihat sesuatu yang bisa mengingatkan kepadanya.
  • menikah, meskipun bukan dengan orang yang didambakan. karena dalam pernikahan terdapat perlindungan, berkah, dan kesenangan.
  • menjaga amal shalih dan memperbanyak zikir.
  • banyak memikirkan dan mengingat kematian
  • menyibukkan diri dengan perkara yang bermanfaat, karena penyebab mabuk cinta karena menganggur.

      #Ensiklopedia Praktis Muslimah oleh Khalid Al-Husnainan
      semoga bermanfaat !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dimanapun MUTIARA akan tetap berkilau

Percayalah..... kamu pasti BISA ! Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong sahabat, tahukah kamu ada 3 hal kecerdasan yang sangat penting dimiliki?    kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. itulah kecerdasan yang harus kita miliki, biasanya jika memiliki kecerdasan secara spiritual maka untuk yang keduanya akan mengikuti ya..... nah bagaimana caranya? jawabannya ada pada diri kamu sendiri. belajar !  belajar memang tidak harus ditempat yang formal ya, dimanapun kita berada jika kita sudah punya tujuan yang tepat, maka insya allah apa yang kita inginkan akan tercapai. tentunya kita harus action untuk mendapatkannya bukan hanya sekedar kemauan.

enaknya jadi Anak Rumahan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..... apa kabar sob? udah lama ni gak ngeblog heee.... duduk manis ya, baca sampai selesai. OK !! sob, kamu punya rumah? aku mau tanya ni, gimana caranya bikin rumah jadi nyaman? nah kalo udah nyaman, kamu akan tenang berada didalamnya plus betahhhh. ingat perempuan adalah perhiasan dunia, berhati-hatilah wahai perempuan.... saat dirimu keluar rumah, tanpa mempunyai tujuan yang tepat, setan selalu mengintaimu. apalagi dizaman sekarang setannya tidak menakutkan, coba kamu ambil kaca dan lihat apa yang terjadi dihadapanmu hee :) lanjut sob...

Aku akan Berusaha Mencintaimu....

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.... apa kabar para perindu syurga :) semoga kabar baik ya, do'aku akan selalu teriring untukmu... insya allah. Dalam dentingan malam, aku masih setia duduk diatas mimbar lamunan, menjamah bentuk nasib yang menimpaku. aku masih begitu terpukul dengan kabar yang menggelegarkan ini. ada pikiran yang tetap saja tertindih oleh rasa ketidakpercayaan. namun dalam naluri kesadaranku, bahwa inilah garis yang telah ditentukan Allah SWT kepadaku. inilah takdir yang harus kuhadapi dengan sepenuh-penuh bijak. sobat... sebelum membaca lebih lanjut postingan ini. simak baik-baik ya! karena ini adalah kisah dari sang penulis... real !! dalam tulisan ini penulis ingin berbagi tentang pengalaman. baca teliti ya... jangan sampai tertinggal satu katapun, jika sobat tak mau menyesal... sebelumnya, saya ingin mengatakan. semoga bermanfaat ya ! khoirunnas anfa' uhum linnas berawal karena terpaksa.... status mahasiswa yang melekat pada diriku,