Langsung ke konten utama

Kantin Kejujuran ajang Kreativitas

Hai Hallo.... apa kabar sahabat semua? saya do'akan yang sedang membaca coretan ini, akan selalu sehat. amin. murah rezeki. amin. akan selamat dunia akhirat. amin.

sahabat semua.... apakah sudah pernah mendengar kantin kejujuran
kali ini saya ingin sharing kepada sahabatku dimanapun anda berada he.. Yap. sebenarnya, kantin kejujuran adalah inovasi baru untuk membentuk generasi anti korupsi. betul? karena watak jujur cermin negara makmur. dan salah satu upaya pembinaan akhlak yang baik dalam kalangan muda, membuat kantin kejujuran pada lingkungan kampus. setuju?


 Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, itu merupakan salah satu perguruan tinggi baru dikota Curup Provinsi Bengkulu. Perguruan tinggi ini mulai dirintis pada tahun 2012 lalu, wajar saja sahabat masih kurang akrab dengan nama Akademi Komunitas. untuk lebih lengkapnya, silahkan sahabat membaca pada catatan mungil '' Dimanapun MUTIARA akan tetap berkilau '' 

ma'af ya guys, foto diatas makanan dan minumannya tidak terlihat jelas, yah semua berawal dari yang kecilkan!?'' yang terpenting harus terussss melakukan perubahan sekecil apapun itu. OK.

kampus baru gagasan baru
nah... Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong memang kampus baru, tapi jangan salah. mahasiswa/i tetaplah mahasiswa/i, maksudnya.....? he lanjut baca ya guys :)

Sebenarnya ini adalah sebuah ide dari salah satu Dosen Prodi Hortikultura. Yaps, Terimakasih kepada Ibuk Rindang Andam Suri,SP. telah memberikan masukan kepada kita semua :)

disini kami ingin memprioritaskan bentuk kegiatan berhubungan dengan pendidikan. kantin bukan sekedar kantin, kami mencoba berpikir kritis. bagaimana caranya, tindakan sederhana akan membuahkan hasil yang luar biasaaa untuk membangun kualitas SDM menuju jiwa bersih berawal dari kejujuran. iya atau iya?
bisa itu karena terbiasa ya guys. Kantin kejujuran merupakan sebuah gagasan untuk membiasakan diri berperilaku jujur. terlebih kantin ini berada pada lingkungan kampus. jadi, mendidik dan melatih para mahasiswa/mahasiswi membentuk generasi jujur dan anti korupsi. dalam kantin menyediakan makanan kecil dan minuman yang dipajang, tanpa ada penjual dan penjaga. tersedia pula kotak uang untuk menampung uang para pengunjung, apabila ada kembaliannya. para pengunjung diharapkan mengambil dan menghitung sendiri uang kembaliannya. memang, hal ini sangat menuntut kesadaran masing-masing pengunjung  terhadap kejujuran. jujur adalah salah satu cara menghargai diri sendiri. oleh karena itu, motto yang ditanammkan dalam kantin ini adalah Tuhan Melihat Malaikat Mencatat. ingat ya guys. dalam ajaran agama islam juga telah diajarkan lho. 

Nabi muhammad SAW bersabda 
'' Sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan kepada jalan kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan  mengantarkan ke dalam al-jannah (syurga), sesungguhnya orang-orang yang benar-benar jujur akan dicatat disisi Allah SWT sebagai ash-shidiq (orang yang jujur) . dan sesungguhnya orang yang dusta akan mengantarkan ke jalan kejelekan, dan sesungguhnya kejeleka itu akan mengantarkan ke dalam an-naar (neraka), sesungguhnya orang yang benar-benar dusta akan dicatat disisi Allah SWT sebagai pendusta '' 
( HR. Al Bukhari no.6094 dan Muslim no 2606 )
selain sebagai bentuk kegiatan pendidikan, kantin ini juga sebagai ajang kreativitas para mahasiswa/i menumbuhkan jiwa entrepreneurship alias wirausaha. sesuai dengan kampus vokasi Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, yang menekankan para mahasiswa/i nya membuka lapangan pekerjaan guna mempersiapkan diri dalam persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
kenapa? karena kantin ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i mengimplementasikan karyanya. 
kegiatan ini pula, sangat menyarankan setiap mahasiswa/i membuat berbagai macam olahan makanan maupun kerajinan, dan kantin siap setiap saat menampung hasil karya-karya mereka. tentunya tempat pemasarannya ya :)
hayo.... kamu? iya kamu? bagaimanaaa.... berminatkah membuat kantin kejujuran dikampus kalian? disekolah? atau dimanapun deh hee..
OK. sahabatku. itulah sedikit informasi dari saya. semoga bermanfaat :)
oh ya penulis mengucapkan terimakasih, telah mampir dan menyempatkan membaca blog ini. selalu update ya....

*jika ada informasi tambahan, silahkan share pada komentar. OK

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dimanapun MUTIARA akan tetap berkilau

Percayalah..... kamu pasti BISA ! Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong sahabat, tahukah kamu ada 3 hal kecerdasan yang sangat penting dimiliki?    kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. itulah kecerdasan yang harus kita miliki, biasanya jika memiliki kecerdasan secara spiritual maka untuk yang keduanya akan mengikuti ya..... nah bagaimana caranya? jawabannya ada pada diri kamu sendiri. belajar !  belajar memang tidak harus ditempat yang formal ya, dimanapun kita berada jika kita sudah punya tujuan yang tepat, maka insya allah apa yang kita inginkan akan tercapai. tentunya kita harus action untuk mendapatkannya bukan hanya sekedar kemauan.

enaknya jadi Anak Rumahan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..... apa kabar sob? udah lama ni gak ngeblog heee.... duduk manis ya, baca sampai selesai. OK !! sob, kamu punya rumah? aku mau tanya ni, gimana caranya bikin rumah jadi nyaman? nah kalo udah nyaman, kamu akan tenang berada didalamnya plus betahhhh. ingat perempuan adalah perhiasan dunia, berhati-hatilah wahai perempuan.... saat dirimu keluar rumah, tanpa mempunyai tujuan yang tepat, setan selalu mengintaimu. apalagi dizaman sekarang setannya tidak menakutkan, coba kamu ambil kaca dan lihat apa yang terjadi dihadapanmu hee :) lanjut sob...

Aku akan Berusaha Mencintaimu....

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.... apa kabar para perindu syurga :) semoga kabar baik ya, do'aku akan selalu teriring untukmu... insya allah. Dalam dentingan malam, aku masih setia duduk diatas mimbar lamunan, menjamah bentuk nasib yang menimpaku. aku masih begitu terpukul dengan kabar yang menggelegarkan ini. ada pikiran yang tetap saja tertindih oleh rasa ketidakpercayaan. namun dalam naluri kesadaranku, bahwa inilah garis yang telah ditentukan Allah SWT kepadaku. inilah takdir yang harus kuhadapi dengan sepenuh-penuh bijak. sobat... sebelum membaca lebih lanjut postingan ini. simak baik-baik ya! karena ini adalah kisah dari sang penulis... real !! dalam tulisan ini penulis ingin berbagi tentang pengalaman. baca teliti ya... jangan sampai tertinggal satu katapun, jika sobat tak mau menyesal... sebelumnya, saya ingin mengatakan. semoga bermanfaat ya ! khoirunnas anfa' uhum linnas berawal karena terpaksa.... status mahasiswa yang melekat pada diriku,